Pentingnya Pengelolaan Sampah



Oleh
Dwi Nurlailah Ramadhani

Banyak sekali perkumpulan sampah yang berada di lingkungan sekitar kita yang disebabkan oleh manusia yang membuang sampah sembarangan tanpa memilah sampah tersebut.

Sampah merupakan barang yang sama sekali  sudah tidak memiliki nilai ekonomis dan sudah tidak ada fungsinya lagi. Padahal sampah dapat kita olah menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki fungsi serta nilai ekonomis nya lagi.

Pengelolaan sampah sangat penting untuk mengurangi jumlah sampah yang menumpuk, tumpukan sampah dapat mencemari lingkungan kita dan membuat pemandangan menjadi tidak indah lagi. sampah dapat menyebabkan banjir dan menjadi sumber penyakit seperti diare, dan berkembang nya nyamuk demam berdarah di lingkungan sekitar kita.

Banyak sekali sampah yang tidak diolah dengan baik sehingga dapat mencemari lingkungan kita. jika terus kita abaikan, maka sampah dapat menjadi masalah untuk lingkungan sekitar kita. 

Kegiatan daur ulang sampah dapat menjadi solusi yang baik dalam penangan sampah yang ada di lingkungan sekitar kita. sampah organik dapat kita olah menjadi pakan ternak maupun pupuk untuk tanaman. sedangkan sampah anorganik dapat kita daur ulang menjadi seperti kerajinan tangan, tas belanja dan lainnya yang memiliki banyak fungsi serta memiliki nilai ekonomis nya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.